DISNAKER, BEKALI MAHASISWA UMAHA KIAT SUKSES MASUK DUNIA KERJA

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sidoarjo menggelar kegiatan Penyuluhan Bimbingan Jabatan bagi mahasiswa Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) Sidoarjo dalam Memasuki Dunia Kerja, Kamis (30/6/2024).

Kegiatan penyuluhan dilaksanakan di ruang rektorat, Gedung rektorat lantai 1 UMAHA mulai pukul 09:00-12:00 WIB, dan diikuti oleh kurang lebih 75 peserta dari berbagai prodi yang ada di UMAHA.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor 3 Khoirul Ngibad S.Si., M.Si berharap acara ini semoga dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang dunia usaha dan dunia kerja. ”Sehingga mereka lebih siap untuk terjun di dunia kerja dan dunia usaha,” katanya.
Harapannya juga agar mahasiswa mempersiapkan diri, selain mempersiapkan hard skill juga mempersiapkan soft skill serta etos kerja mereka.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Disnaker Sidoarjo Yulita Indah Prasetiari SE., M.AP mengatakan, ” ini adalah kegiatan yang pertama kami lakukan di perguruan tinggi ”. Dalam memberikan sambutannya beliau menyebutkan jika Angka pengangguran dari lulusan perguruan tinggi di tahun 2023 adalah 7,68% angka ini adalah angka tertinggi dari angka pengangguran terbuka jika dilihat dari lulusannya.menurut beliau, tingginya angka pengangguran di kabupaten Sidoarjo disebabkan antara lain tidak seimbangnya peningkatan jumlah tenaga kerja dibandingkan dengan kesempatan lapangan kerja.

Setelah memasuki acara sambutan sambutan, acarapun diteruskan dengan acara inti yaitu pemaparan materi, untuk pemateri pertama disampaikan oleh anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo dari Fraksi PKB Drs. H. Saifuddin Affandi, M.Pd. dan dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua oleh Praktisi HRD Ahmad Ridha T. Disini Pak Ridha (panggilan akrabnya) memilih tajuk Menuju Dunia Kerja Gen-Z & Alpha. Dengan hangat dan canda tawa beliau mengulas bagaimana dan apa yang harus dipersiapkan dalam meraih peluang kerja. Mahasiswapun juga aktif bertanya saat dibuka sesi tanya jawab, banyak pertanyaan yang disampaikan, dan acarapun ditutup dengan foto bersama. (Humas UMAHA)

Scroll to Top