KOMITMEN KEPEDULIAN SOSIAL, UMAHA DAN YPM SALURKAN 69 HEWAN QURBAN

Hari Raya Idul Adha merupakan hari raya yang diperingati oleh seluruh umat Muslim di dunia, tak terkecuali juga di Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) Sidoarjo dibawah naungan Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif Sepanjang. Untuk menyambut datangnya hari raya Idul Adha ini biasanya ditandai dengan momen pendistribusian dan penyembelihan hewan qurban.  Dengan dukungan dari segenap civitas academica tahun ini UMAHA kembali menyelenggarakan pendistribusian daging qurban seperti tahun tahun sebelumnya.

Sebanyak 14 Sapi dan 55 Kambing didistribusikan ke masjid, mushola, lembaga pendidikan dan panti asuhan. Pendistribusian tersebut dilakukan di Kompleks YPM Megare Taman, Sidoarjo pada hari Sabtu (15/6/24).

Hewan-hewan qurban tersebut merupakan qurban dan hasil partisipasi Keluarga Besar YPM yang menaungi beberapa lembaga pendidikan. Di antaranya SMP YPM 1, SMA Wachid Hasyim 2, SMK YPM 1, SMK YPM 2, SMK YPM 3 juga dari UMAHA, serta dari Keluarga Dzurriyah dan Keluarga Besar Pengurus YPM.

Prosesi pendistribusian atau penyerahan secara simbolis dilakukan langsung oleh Pengawas YPM Sepanjang Sidoarjo, H. Aslam Hitami, S.Pd dengan didampingi para kepala sekolah dan dosen di Kompleks YPM Ngelom Megare.

Dalam sambutannya, H. Aslam menuturkan kalau kegiatan seperti ini merupakan upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. sebagaimana yang dilakukan Nabi Ibrahim, sekaligus sebagai bentuk cinta Rasul yang dicontohkan lewat ibadah qurban.

“Melalui kegiatan rutin Idul Adha ini, Semoga bisa terus meningkatkan taqarrub warga YPM kepada Allah SWT,” sambungnya.

Sementara itu, PLT Rektor UMAHA Dr. Dheasy Herawati S.Si., M.Si  menjelaskan  kedepannya akan dibuat sistem tabungan dari dosen dan staf sehingga jumlah hewan qurban diharapkan lebih banyak dari tahun ini. Menurutnya, penyaluran hewan qurban ke masyarakat juga memberikan kontribusi positif bagi pembangunan sosial dan ekonomi di komunitas sekitar. Kegiatan ini sekaligus menjadi wujud tanggung jawab sosial UMAHA. Beliau juga berharap, kegiatan penyaluran hewan qurban ini tidak hanya memberikan manfaat bagi penerima langsung, tetapi juga menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk terus berkontribusi dalam memperkuat hubungan sosial, meningkatkan kepekaan dan empati, serta memperkuat kesadaran akan pentingnya dukungan terhadap peternak lokal dan masyarakat dalam mendukung pembangunan berkelanjutan. Pungkasnya. Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H. Salam Akselerasi….  (Humas Umaha)

Scroll to Top