PRODI TEKNIK INFORMATIKA UMAHA BERKOLABORASI DENGAN SMP YPM 1 DAN 2 DALAM PELATIHAN PERAKITAN VACUUM CLEANER

Program Studi Teknik Informatika Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) Sidoarjo telah berhasil menyelenggarakan sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan sangat sukses. Kali ini, SMP YPM 1 Taman dan SMP YPM 2 Sukodono menjadi tuan rumah yang menyambut hangat kegiatan berharga ini.

Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan menjadi dua gelombang. Gelompang pertama pada tanggal 4-6 Juni 2024, bertempat di SMP YPM 2 Sukodono dan gelombang kedua dilaksanakan pada tanggal 11-12 Juni 2024, di SMP YPM 1 Taman.

Selama pelatihan, siswa-siswi diajarkan tentang perakitan vacuum cleaner sederhana dan sapu elektrik dari barang barang bekas. Tidak hanya itu, mereka juga diberikan kesempatan untuk menerapkan pengetahuan ini dengan membuat proyek sederhana yang menggabungkan pemrograman dengan imajinasi dan kreativitas mereka sendiri.

Pelatihan di SMP YPM 2 Sukodono diikuti oleh 32 mahasiswa dengan 4 dosen pembimbing. Sedangkan yang di SMP YPM 1 Taman diikuti oleh 17 mahasiswa dengan 4 dosen pembimbing. Pelatihan ini memberikan manfaat dari dua sisi yakni untuk siswa dan mahasiswa khususnya mahasiswa program studi Teknik Informatika. Mahasiswa yang terlibat dalam pelatihan ini memiliki kesempatan untuk berbagi ilmu dan ketrampilannya kepada siswa SMP serta mendapat pemahaman lebih dalam mengenai Pendidikan dan kebutuhan mahasiswa.

Ketua Program Studi Teknik Informatika M. Farkhan S.Kom., M.Kom menjelaskan bahwa ” tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membekali mahasiswa agar mempunyai mental dan rasa percaya diri yg lebih tinggi, serta meningkatan kompetensi mahasiswa melalui jalur kegiatan Pengabdian Masyarakat di sekolah di lingkungan YPM. Karena target sesungguhnya adalah sekolah pada jenjang SMA/SMK yang pelaksanaan pada Semester Gasal mendatang”. imbuhnya.

Siswa-siswi yang hadir dalam pelatihan ini tampak sangat antusias dan bersemangat untuk mengikuti semua materi yang disampaikan. Acara pelatihan dihadirkan dengan serius namun tetap santai.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UMAHA Dr. Dony Perdana ST., MT. dalam penjelasannya mengatakan ” jika kegiatan pengabdian masyarakat ini sering kali dilakukan oleh civitas academica UMAHA secara rutin sebagai bagian mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tidak hanya dilingkungan YPM saja kami memberikan pelatihan pelatihan kepada siswa siswi, namun diluar YPM juga sering kita melakukannya “.

Kolaborasi ini merupakan implementasi nyata antara UMAHA dan sekolah sekolah dilingkungan YPM dan non YPM untuk memberikan dan menciptakan pendidikan berkualitas serta mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dunia di era digitalisasi yang kian pesat. Dengan adanya pelatihan semacam ini diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi pendidikan dan pengembangan siswa siswi.

Sementara itu, saat ini UMAHA tengah melakukan Akselerasi tanpa henti. Hal ini nantinya akan berdampak pada peningkatan akreditasi, dan mahasiswa akan merasakan manfaat jangka panjang dalam persiapan mereka untuk masa depan yang penuh peluang.
(Humas Umaha).

Scroll to Top