TIM ORMAWA UKKI UMAHA LOLOS PENDANAAN PPK ORMAWA 2024

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi pada 21-5-2024 mengumumkan hasil seleksi akhir dengan Nomor: 3508/E2/DT.01.01/2024 Perihal: Penerima bantuan PPK Ormawa 2024. Dari total sebanyak 622 subproposal dari 158 Perguruan Tinggi yang berhasil lolos menjadi penerima bantuan, salah satunya adalah 1 tim dari Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo (UMAHA), yaitu Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) dengan Judul Gender Education:Peran Sekolah Perempuan Dalam Upaya Mewujudkan Perempuan Berkarakter DITA (Dedikatif, inovatif, Terampil dan Aktif) di Desa Tempel dengan Dosen Pendamping Bapak Muhammad Syarif Hidayatulloh,M.Pd.I.

Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) ialah program penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh Perguruan Tinggi yang diimplementasikan melalui program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Pada program ini, Perguruan Tinggi berkesempatan untuk dapat meningkatkan kualitas Ormawa dan sekaligus menumbuhkembangkan soft skills dan kompetensi mahasiswa seperti kemampuan berorganisasi, penguatan karakter Pancasila, bela negara, cinta tanah air, dan kebangsaan, kepemimpinan, serta mampu bekerja sama (teamwork). PPK Ormawa merupakan salah satu implementasi dari kebijakan Kemendikbudristek sebab mahasiswa dapat berlatih menjadi pemimpin transformasional dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat.

Proses seleksi proposal di UMAHA diawali dengan adanya penilaian dan seleksi oleh reviewer internal kampus dengan masing-masing dari ke-16 topik kemudian ditransformasikan menjadi beberapa program yang inovatif dan kreatif oleh ormawa. Selanjutnya, dari total 5 subproposal yang diajukan, terpilih 1 subproposal yang lolos dalam seleksi administrasi dan berhak mengikuti tahap wawancara dengan para reviewer. Hingga pada akhirnya, proposal tersebut diajukan mulai dari tahapan seleksi proposal sampai proses interview dengan para Reviewer eksternal dan dinyataan lolos memperoleh pendanaan.

Khoirul Ngibad, S.Si, M.Si (Wakil Rektor III Kemahasiswaan UMAHA) mengucapkan “Selamat kepada Tim Ormawa UKKI UMAHA. Terimakasih atas perjuangannya, pengorbanan waktunya yang sudah didedikasikan untuk UMAHA, sampai bisa lolos pendanaan PPK Ormawa di tahun 2024 ini. Semoga bisa menjadi pemicu semangat untuk ormawa lainnya agar turut berprestasi di tahun selanjutnya”.

“Ini adalah wujud konkrit bahwa para Jawara UMAHA siap berakselerasi untuk berprestasi gemilang di tingkat Nasional”, seperti yang disampaikan oleh dr. Hidayatullah, Sp.N (Rektor UMAHA).

Wulan Purnamasari, S.E, M.SM (Direktur Kemahasiswaan UMAHA) juga menyampaikan harapannya terhadap Tim Ormawa UKKI UMAHA yang berhasil mendapat pendanaan. “Ini bukanlah akhir dari perjuangan, Tim Ormawa UKKI UMAHA harus mempersiapkan dengan sebaik-baiknya terkait dengan program yang telah dirancang dalam proposal untuk dapat direalisasikan secara maksimal, serta dapat berkomitmen memberikan kontribusi positif kepada masyarakat khususnya pada Desa Mitra. Tim Kemahasiswaan UMAHA juga akan memberikan pendampingan serta dukungan berupa monitoring dan evaluasi dengan melakukan kunjungan secara berkala ke Desa Mitra untuk memantau progres dari program-program yang dilaksanakan sampai tuntas, guna memastikan Tim Ormawa UKKI UMAHA dapat melenggang hingga ke program Abdidaya”. Pungkasnya.

Selamat dan Sukses PKK Ormawa UKKI UMAHA
Salam Akselerasi Jawara UMAHA !!!

Scroll to Top